Arsip Blog

Sabtu, 12 Agustus 2023

MAKANAN YANG MENYEHATKAN GIGI

Apa Saja Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Gigi Kita? 


  Anda  sering mendengar tentang  dampak negatif dari makanan dan minuman asam atau yang mengandung kadar gula tinggi pada gigi. Tetapi adakah makanan yang bagus untuk gigi? 
Bagaimana dengan makanan yang menguatkan gigi? Simak Penjelasan berikut ini!!

A. Definisi

    Makanan yang menyehatkan gigi adalah makanan yang apabila dikonsumsi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi. Setiap makanan yang kita makan, sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi, dimana gigi kita rentan terhadap karies (suatu penyakit gigi yang terjadi karena adanya kerusakan pada jaringan keras gigi sehingga mengakibatkan gigi berlubang), maka dari itu kita harus memperhatikan bahan makanan yang kita makan.

B. Kandungan dan Contoh Makanan yang Menyehatkan Gigi

  1. Susu dan produk turunannya

Susu merupakan sumber utama kalsium, sehingga termasuk salah satu makanan untuk menguatkan gigi yang terbaik. Susu juga mengandung vitamin D dan protein, yang dapat menurunkan tingkat keasaman dalam mulut dan mencegah kerusakan gigi

2. Makanan dengan protein tinggi

Seperti kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur. Makanan dengan protein tinggi ini mengandung banyak kalsium, fosfor, dan vitamin D.

3. Sayuran dan buah-buahan





     Sayuran seperti wortel, serta sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi kaya akan vitamin A dan termasuk dalam makanan yang baik untuk gigi. Sayuran juga mengandung vitamin C yang juga baik untuk gusi. 

      Buah seperti jeruk, nanas, raspberry, kiwi, dan melon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Apel, terutama, dikenal sebagai buah yang dapat mengurangi plak pada gigi, dan merupakan salah satu makanan untuk menguatkan gigi yang terbaik. Selain itu buah strawberi yang dipercaya dapat mencerahkan warna gigi dikarenakan buah ini memiliki kandungan asam malat di dalamnya  

4. Telur dan minyak ikan

    Kandungan vitamin D dalam telur dan minyak ikan sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tubuh secara keseluruhan.



  




    Makanan-makanan di atas baik dalam memberikan nutrisi untuk kesehatan gigi dan mulut. Hindari mengonsumsi makanan yang merusak gigi agar kesehatan gigi tetap terjaga. Tentunya, mengonsumsi makanan sehat untuk gigi, tidak berarti bisa lalai dalam menjaga kebersihan dasar gigi dan mulut. Sisa-sisa makanan tersebut juga bisa tertinggal dalam mulut dan menyebabkan timbulnya plak. Untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, sikatlah gigi secara rutin selama 2 menit di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur dengan pasta gigi berfluoride untuk melindungi gigi Anda dari lubang gigi.

Yuk..simak video penjelasan mengenai makanan yang dapat membantu menyehatkan gigi



Sumber :

  1. https://www.halodoc.com/artikel/miliki-gigi-sehat-dengan-konsumsi-4-makanan-berikut
  2. https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/diet-dan-gaya-hidup/apa-saja-makanan-yang-baik-untuk-gigi.html
  3. https://youtu.be/ZpSh0sTku6o?si=FotgA7GnbJILpONU 

The Modern and Digital Transformation of Oral Health Care

  Aplikasi CRAFT sebagai Alat Penilaian Risiko Karies  pada Anak Usia 3 - 6 Tahun Karies anak usia dini (ECC) menjadi masalah utama di selur...